Halaman

Sabtu, 04 Februari 2012

Opisthobranchia



Opisthobranchia berasal dari bahasa latin opistho yang berarti belakang dan branchia yang berarti insang, nama tersebut diberikan pada kelompok ini karena anggotanya memiliki insang yang terletak di bagian belakang tubuh. Opisthobranchia merupakan anggota dari Filum Moluska yang terdiri dari sea hares dan sea slugs, mempunyai cangkang yang kecil atau tidak ada sama sekali dan biasanya berwarna cerah dengan insang eksternal yang mencolok. Opisthobranchia merupakan kerabat dari Gastropoda laut yang evolusinya menyebabkan beberapa Ordo dari opisthobranchia kehilangan cangkang. Hewan ini semuanya berukuran makroskopis, panjangnya antara 2 mm hingga 500 mm. Seluruh spesies Opistobranchia hidup dilaut, kecuali beberapa spesies dari Ordo Acochlidea.

Klasifikasi Opisthobranchia
Kingdom : Animalia
Filum       : Mollusca
Kelas       : Gastropoda
Sub kelas : Opistobranchia
Ordo       : Thecosomata
                 Gymnosomata
                 Acochlidea
                 Cephalaspidea
                Anaspidea
                Pleurobranchida
                Notaspidea
                Nudibranchia
                Sacoglossa


Seiring dengan hilangnya cangkang yang berfungsi sebagai pelindung diperlukan pengembangan cara pertahanan diri, bentuk tubuh, warna, dan pola yang bermacam-macam. Pertahanan mekanik yang paling sederhana adalah pada dorids (Nudibranch) pemangsa spons yang menggabungkan spikula berkapur kedalam epidermis dorsal. Spesies ini bisa menjadi susah disentuh, kasar, atau runcing. Beberapa spesies Dorids juga memasukikan sponge toxins kedalam epidermisnya sehingga mereka menjadi lebih berwarna. Aeolids pemakan Anemon, Hydroid, dan Ubur-ubur mempunyai cerata khusus pada bagian dorsalnya untuk menyimpan nematocysts. Ketika dalam bahaya, bulu cerata menunjuk ke sumber bahaya dan melepaskan nematocysts. Asam dan bahan kimia pada Opisthobranch disintesis atau diperoleh dari mangsanya. Produk alami ini memiliki berbagai macam fungsi, misalnya untuk komunikasi, peringatan, dan area reproduksi.

Untuk mencari makanan, beberapa jenis siput mempunyai radula yang digunakan untuk mengeruk alga yang menempel di batu-batuan. Ada pula yang memakan alga yang besar dan sebagian lagi menelan lumpur-lumpur permukaan untuk menyadap partikel-partikel organik yang ada didalamnya. Banyak juga yang hidup sebagai pemakan bangkai-bangkai hewan bahkan ada pula yang memangsa siput lainnya.



Semua spesies Opisthobranchia adalah hermaprodit, dengan demikian organ reproduksi jantan dan betina ada pada specimen dewasa, dan biasanya terletak berdekatan dan bersama-sama yang disebut sebagai gonad atau ovotestis. Gonad terletak di sisi kanan tubuh, dan gonopore juga terletak disisi kanan didekat kepala. Opisthobranch merayap di sepanjang substrat. Gerakan ini disebabkan oleh kontrol otot polos longitudinal dan dorsoventral pada kaki. Kebanyakan opisthobranch bergerak sangat lambat, dimana tersisa makanan yang melimpah jika mereka tidak terganggu. Namun ada beberapa spesies yang dapat bergerak cepat. Selain itu ketika cemas atau berada pada tempat yang tidak sesuai, Opisthobranch bisa berenang, perilaku ini hanya mungkin dilakukan apabila cangkang internal ringan atau tanpa cangkang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar